|
AkzoNobel Car Refinishes Indonesia |
Industri
atau perusahaan apapun selalu dihadapkan pada risiko dan isu yang dapat
sewaktu-waktu mengalami krisis. Isu dan krisis cepat diberitakan dalam Breaking News di TV apalagi tersedianya
berbagai aplikasi Media Sosial. Berita cepat sekali beredar, dan sering tidak
terkontrol. Imbas dari berita yang tidak seimbang dan cenderung mengabarkan
yang sensasional dapat merusak image
atau citra perusahaan/instansi. Apa lagi
bila onar timbul akibat ulah pimpinan atau karyawan yang menonjol siap
menghadapi kemungkinan terjadinya keadaan darurat seperti isu negatif dan
musibah fisik yang terjadi di perusahaan maupun kemungkinan terjadi
kecelakaan/musibah serta siap menghadapi journalists
investigative merupakan keharusan mutlak. Simulasi fisik pemadaman dan
penyelamatan dalam kebakaran ataupun terjadinya suatu kecelakaaan merupakan
latihan K3L periodik. Demikian pula menghadapi suatu isu yang belum pasti
kebenanarnya dan risiko yang harus dihadapi; diperlukan kesiapan menghadapi
pertanyaan awak media yang dapat memberitakan isu atau peristiwa musibah secara
tidak proporsional.
|
Pemaparan Materi Pelatihan |
Risiko terjadinya keadaan darurat lainnya dapat
terjadi kapanpun. Karena sebab itu, setiap business
unit dalam perusahaan/instansi/pabrik/industri harus mempunyai SOP, dan setiap anggota unit manufaktur
maupun instansi apapun serta manajemen pendukungnya secara periodik mutlak diikutkan
dalam pelatihan, sehingga siap menangani dan membantu secara efektif dalam disaster recovery serta siap ikut serta
dalam program damage control.
|
Persiapan Simulasi Media Interview |
Materi
pelatihan tidak hanya merupakan teori bagaimana menghadapi dan menyelesaikan
krisis, yang membuka wawasan agar siap menghadapi suatu isu negatif atau krisis
di pabrik atau instansi/perusahaan apapun; pada pelatihan ini peserta diikutkan
menyimak studi kasus yang mengalami krisis sebagai bahan acuan the
do and don’t; apa yang harus dikerjakan dan apa yang tidak harus dilakukan.
Materi berkonsentrasi pada Manajemen Krisis Ilmu Komunikasi, menyiapkan peserta
dapat berkomunikasi secara efektif pada semua pemangku kepentingan (stakeholders), terutama menyiapkan diri
mengahadapi media/jurnalis yang karena sifat tugas mereka harus “banyak
bertanya” dan mendapatkan berita yang terkini, maka dipersiapkan siapapun yang
ditugaskan menghadapi media secara meyakinkan dan benar bertanggung-jawab;
sehingga berita yang disiarkan merupakan bagian dari disaster relieve serta persiapan dalam damage control. Apa yang disiarkan langsung, life/real time, baik oleh TV, Radio maupun Cyber/IT Communication; menghasilkan opini publik yang positif.
|
Simulasi Media Interview 1 |
|
Simulasi Media Interview 2 |
|
Memberi Arahan dalam menghadapi Media |
|
Mengamati trainer dalam memberikan materi |
|
Tanya Jawab di Akhir Sesi Pelatihan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar