Pages - Menu

Minggu, 26 Agustus 2018

Media Simulation Training "AkzoNobel Car Refinishes Indonesia" 16-7-2018

AkzoNobel Car Refinishes Indonesia
Industri atau perusahaan apapun selalu dihadapkan pada risiko dan isu yang dapat sewaktu-waktu mengalami krisis. Isu dan krisis cepat diberitakan dalam Breaking News di TV apalagi tersedianya berbagai aplikasi Media Sosial. Berita cepat sekali beredar, dan sering tidak terkontrol. Imbas dari berita yang tidak seimbang dan cenderung mengabarkan yang sensasional dapat merusak image atau citra perusahaan/instansi. Apa lagi bila onar timbul akibat ulah pimpinan atau karyawan yang menonjol siap menghadapi kemungkinan terjadinya keadaan darurat seperti isu negatif dan musibah fisik yang terjadi di perusahaan maupun kemungkinan terjadi kecelakaan/musibah serta siap menghadapi journalists investigative merupakan keharusan mutlak. Simulasi fisik pemadaman dan penyelamatan dalam kebakaran ataupun terjadinya suatu kecelakaaan merupakan latihan K3L periodik. Demikian pula menghadapi suatu isu yang belum pasti kebenanarnya dan risiko yang harus dihadapi; diperlukan kesiapan menghadapi pertanyaan awak media yang dapat memberitakan isu atau peristiwa musibah secara tidak proporsional.


Pemaparan Materi Pelatihan
Risiko terjadinya keadaan darurat lainnya dapat terjadi kapanpun. Karena sebab itu, setiap business unit dalam perusahaan/instansi/pabrik/industri harus mempunyai SOP, dan setiap anggota unit manufaktur maupun instansi apapun serta manajemen pendukungnya secara periodik mutlak diikutkan dalam pelatihan, sehingga siap menangani dan membantu secara efektif dalam disaster recovery serta siap ikut serta dalam program damage control.   
            



Persiapan Simulasi Media Interview
Materi pelatihan tidak hanya merupakan teori bagaimana menghadapi dan menyelesaikan krisis, yang membuka wawasan agar siap menghadapi suatu isu negatif atau krisis di pabrik atau instansi/perusahaan apapun; pada pelatihan ini peserta diikutkan menyimak studi kasus yang mengalami krisis sebagai bahan acuan  the do and don’t; apa yang harus dikerjakan dan apa yang tidak harus dilakukan. Materi berkonsentrasi pada Manajemen Krisis Ilmu Komunikasi, menyiapkan peserta dapat berkomunikasi secara efektif pada semua pemangku kepentingan (stakeholders), terutama menyiapkan diri mengahadapi media/jurnalis yang karena sifat tugas mereka harus “banyak bertanya” dan mendapatkan berita yang terkini, maka dipersiapkan siapapun yang ditugaskan menghadapi media secara meyakinkan dan benar bertanggung-jawab; sehingga berita yang disiarkan merupakan bagian dari disaster relieve serta persiapan dalam damage control. Apa yang disiarkan langsung, life/real time, baik oleh TV, Radio maupun Cyber/IT Communication; menghasilkan opini publik yang positif.


Simulasi Media Interview 1


Simulasi Media Interview 2

Memberi Arahan dalam menghadapi Media


Mengamati trainer dalam memberikan materi

Tanya Jawab di Akhir Sesi Pelatihan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar